Peserta Pelatihan Praktek Role Play Model Pembelajaran Klinik. Dok.Foto Humas UNIMUGO

Gombong Unimugo – Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soedirman Kebumen (RSDS) instansi pelayanan kesehatan yang terus memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kebumen dan sekitarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari secara luring Selasa-Rabu, 19-20 Maret 2024 di Aula lantai 2 RSDS.

Hal tersebut disampaikan oleh Mutolib, S.Kep.,Ns., M.M selaku Diklat RSDS sebagai bentuk komitmen RS salah satu upaya memberikan pelayanan dengan menggelar kegiatan pelatihan clinical teaching bagi clinical instruktur (CI) di lingkungan RSDS Kebumen.

Lebih lanjut, Mutolib mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan update bidang keilmuwan clinical teaching kepada para CI yang ada di RSDS baik dari Perawat, Farmasi maupun Bidan.

Karena kita sebagai CI memang sudah semestinya memberikan pelayan yang baik kepada pasien maupun adik-adik mahasiswa yang prakek di RSDS, ujarnya.

Kami sampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada UNIMUGO yang telah memfasilitasi CI kami untuk bisa update keilmuwan dibidang clinikal istruktur

Foto bersama peserta pelatihan CI dengan narasumber dari UNIMUGO. Dok.Foto Humas UNIMUGO

Mitra Kerjasama Bidang Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) merupakan mitra kerjasama dari RSDS yang pada kesempatan ini mengisi beberapa materi terkait clinical instruktur.

Kegiatan ini menurut Dadi Santoso, M.Kep Wakil Rektor IV bidang kerjasama UNIMUGO merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi dibidang pendidikan dengan pelatihan update preseptorship dalam clinical teaching.

Kami sangat berterimakasih kepada RSDS yang telah mempercayakan UNIMUGO untuk bersinergi pada pelatihan ini, ungkap Dadi.

Career Development Center UNIMUGO

Career Development Center UNIMUGO (CDC) merupakan Unit Pelayanan Teknis (UPT) UNIMUGO merupakan pengelola tracer study (alumni) dan pendidikan.

Dimana CDC merupakan pengelola untuk mewadahi informasi dari mitra kerjasama baik RS maupun instansi yang lain, dengan harapan keterserapan alumni UNIMUGO di dunia kerja bisa lebih cepat, baik di Kebumen maupun di luar Kabupaten pada umumnya.

Pelatihan CI merupakan program yang digaungkan oleh UNIMUGO melalui CDC UNIMUGO untuk memberikan fasilitas dibidang pendidikan maupun lowongan pekerjaan untuk alumni.

Pelatihan Clinical Teaching dengan materi sebagai berikut

  1. Dadi Santoso, M.Kep menyampaikan materi
  2. Model Pembelajaran Klinik : Perseptorship Model
  3. Pembelajaraan Klinik Case Base Learning (CBL)
  4. Presentasi kasus, presentasi jurnal
  5. Pembelajaran Klinik BST
  6. Evaluasi/ Asesment pembelajaran Klinik : Minicek
  7. Nurlaila M.Kep menyampaikan materi:
  8. Managemen Pendiidk Klinik dan model pembelajaran
  9. Trend dan Isue Keperawatan dan Peran Fungsi Perawat
  10. Hastin Ika, MPH
  11. Role play model pembelajaran klinik