Penyerahan Kenang-kenangan dari MPM PP Muhammadiyah kepada Pemkab Kebumen

Unimugo Gombong – Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) melaksanakan kegiatan Seminar Publik tentang Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Kegiatan ini terlaksana kerjasama antara UNIMUGO, Majelis Pemberdayaan Masyarakat PP Muhammadiyah (MPM), Pemerintah Kabupaten Kebumen dan BP2MI Pusat Jakarta yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 10 Juni 2023 di Auditorium UNIMUGO

Hadir dalam kesempatan tersebut, Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun,M.Kep.,Sp.Mat beserta jajaranya, Bupati Kebumen H.Arif Sugiyanto, S.H., M.H, Wakil Bupati Kebumen Hj. Ristawati Purwaningsih, S.ST., M.M., serta Sekretaris Daerah Kebumen H. Ahmad Ujang Sugiono, S.H, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kebumen Drs. Budi Suwanto, M.Si, Ketua MPM PP Muhammadiyah Dr. M. Nurul Yamin, M.Si dan Staff Khusus BP2MI Jakarta Wawan Fakrudin,M.E,

Kami mengucapkan terimakasih kepada semua hadirin pada kegiatan sosialisasi ini. Kegiatan ini terlaksanakan atas kerjasama MPM PP Muhammadiyah, UNIMUGO, BP2MI Jakarta sehingga dapat dilaksanakan di Auditorium UNIMUGO, sambutan Rektor UNIMUGO Dr. Herniyatun, M.Kep.,Sp,Mat

Program ini sangat selaras dengan UNIMUGO dimana saat ini sedang focus untuk pemberdayaan masyarakat dengan melakukan pengabdian masyarakat di Desa – Desa di Kabupaten Kebumen, dan perlu kami sampaikan juga kami sudah bekerjasama dengan migran care Malaysia dan PCIM Malaysia, ungkap Herni

Penguatan SDM

Dosen di UNIMUGO sebanyak total 29 sudah studi lanjut program doktor, 8 diantaranya di Universitas Malaysia Sabah. Namun tidak hanya itu, penguatan SDM dosen tidak sampai disitu, melainkan dosen juga dilibatkan untuk peningkatan kapasitasnya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi dibidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, ujar Herni.

Launching Program Studi Baru

UNIMUGO Tahun 2023 sudah bertambah program studi baru yang sudah menerima mahasiswa baru sekarang Prodi Administrasi Rumah Sakit, dan 2 prodi sedang tahap proses diantaranya Prodi Teknik Informatika Medis dan Apoteker, semoga tahun ini sudah bisa keluar ijin pembukaan prodi baru tersebut, mohon do’anya. Insya Allah rangkaian kegiatan Milad yang bertepatan tanggal 9 Juni ditahun ini UNIMUGO sudah 29 Tahun, dimana nanti akan ada rangkaian Milad, launching prodi baru dan peresmian GOR dan gedung perkuliahan bersama dalam tahap pembuatan kontruksi, semoga kita diberikan kekuatan untuk menyelesaikan amanah ini dan bisa memberikan manfaat bersama, pungkasnya.

MPM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dalam sambutannya diwakili oleh K.H.Abduh Hisyam, S.Ag menyampaikan program pemberdayaan msayarakat merupakan hal yang sangat penting perlu kita perhatikan. Dimana nantinya barangkali ada mahasiswa kita dari UNIMUGO yang akan pergi bekerja sebagai migran agar dapat dibekali tentang aturan dan hukum yang berlaku di Negara tersebut.

Faktor budaya, hukum dan penguasaan bahasa sangatlah perlu diperhatikan untuk itu harapannya MPM disini bisa berperan akrtif untuk hal tersebut, jelasnya.

Ketua MPM PP Muhammadiyah Dr. M. Nurul Yamin, M.Si dalam sambutanya mengucapkan syukur Alhamdulillah pada hari ini MPM PP Muhammadiyah dapat melaksanakan suatu agenda pemberdayaan-pemberdayaan yang salah satunya di sektor pekerja. Disamping itu, MPM PWM Jawa Tengah juga melakukan kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat diantara dari sektor pertanian dan nelayan.

Itulah konsen dakwah Muhammadiyah melakukan pemberdayaan disamping Muhammadiyah juga dikenal sebagai dunia pendidikan. Sebagai gerakan dakwah yang membawa spirit “Rahmartan Lil Ngalamin”, maka Muhammadiyah menjadikan sektor pekerja menjadi bagian daripada persyarikatan, jelasnya.

Kenapa kita mengambil tema yang berkaitan dengan Pekerja Migran Indonsesia tentunya bekerjasama dengan para pihak yang memang konsen seperti BP2MI sehingga kita bisa mengatasi dengan sebaik-baiknya. Seperti yang disampaikan Ibu Rektor saat sambutan, bahwa alumni UNIMUGO juga banyak yang menjadi pekerja migran di luar negeri seperti jepang dan arab Saudi, sehingga momentum ini sangatlah pas untuk mahasiswa UNIMUGO untuk mencari bekal ilmu pengetahuan yang nanti akan disampaikan oleh Narasumber.

Diskusi Panel

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan penyampaian materi;

  1. Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kebumen oleh Drs. Budi Suwanto, M.Si dengan Materi “Meraih Peluang Luar Negeri”
  2. Meraih Peluang Luar Negeri disampaikan oleh Wawan Fakhrudidin, M.E dari Staff Khusus BP2MI Jakarta